RSS

Cinta Semu…

01 Nov

Cinta……

Apa itu Cinta??..

Begitu banyak orang yang mengartikan cinta. Ada pun yang mengatakan Cinta adalah perasaan jiwa, getaran hati, pancaran naluri. Mungkin diantara kalianpun punya arti sendiri apa itu cinta??…. Setiap manusia pasti punya rasa cinta karena jika tidak ada rasa cinta maka di dunia ini tidak akan ada  inovasi, pembangunan dan peradaban. Dan cinta sangat berpengaruh sekali  terhadap kehidupan manusia karena cinta bisa membawa keutuhan, perdamaian, kebaikan pada kehidupan bemasyarakat. Namun cinta juga bisa menghempaskan manusia kepada jalan yg hina…

            Cinta adalah fitrah yang suci yang telah dianugerahkan Allah untuk setiap manusia didunia ini, maka sudah seharusnyalah perasaan cinta itu dijaga, dirawat dan dilindungi dari segala kehinaan dan apa saja yang mengotorinya. Pada dasarnya cinta memiliki 3 tingkatan, Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada Allah, RasulNya dan  jihad dijalanNya. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, keluarga, pasangan dan saudara. Cinta yang  paling rendah adalah cinta yang lebih mengutamakan harta dan jabatan…

            Kita tahu  bahwa cinta kepadaNya adalah yang lebih tinggi. Dan begitu banyak orang  termasuk kita yang  mengaku mencintai Allah dan Rasulullah…, Tapi bagaimana mungkin diterima Allah sedangkan kita hanya bisa bilang tanpa berbuat sesuatu apapun, dan dihati  kita masih dibayangi oleh wanita/pria yang dicintai. Tak mungkin dalam satu hati ada 2 cinta kecuali yang dilandasi oleh cinta pada-Nya. Mungkin bisa kita lihat bagaimana seorang pangeran rela melakukan banyak hal untuk seorang putri yang dicintainya, sebagai bukti cintanya… Begitupun dengan Allah kita harus bisa membuktikan seberapa besar cinta kita kepada-Nya.

            Cinta adalah proses ujian yg keras dan pahit dalam kehidupan manusia. Allah sering kali menguji cinta kita dengan misalnya memisahkan seorang gadis dari calon suaminya atau kekasihnya, tak jarang gadis itu langsung lemah dan terbaring sakit bahkan ada yang sampai bunuh diri. Ketika seorang suami yang istrinya dipanggil menghadap Ilahi, sang suami pun tak punya gairah dalam hidup. Di saat harta yang dimiliki hangus terbakar, banyak orang yang hijrah kerumah sakit jiwa. Semua adalah bentuk ujian dari Allah, sejauh mana cinta kita kepada-Nya. Karena Allah menginginkan bukti namun sering kali kita sebagai manusia tak berdaya untuk membuktikannya, malah cinta itupun ikut berguguran pada saat Allah menarik secuil nikmat yang telah diberikan-Nya.

            Itu  menandakan  bahwa cinta kita itu adalah cinta palsu dan cinta semu. Padahal semuanya sudah diatur oleh Allah, rezki, maut, jodoh, dan langkah kita, itu semuanya  sudah ada  suratannya, tinggal kita mengupayakan untuk menjemputnya. Akan sangat rugi sekali bila kita didunia hanya untuk mengejar cinta manusia, memburu harta dengan segala cara dan enggan menolong. Padahal kita juga tahu bahwa semua yang kita lakukan didunia ini  nanti akan dipertanyakan… Apakah kita bersungguh sungguh mencintai Allah ataukah terlena oleh dunia yang fana ini???…. 

            Jika cinta kepada selain Allah melebihi cinta kepada Allah merupakan salah satu penyebab do’a tak terijabah.

Bagaimana mungkin Allah mengabulkan permintaan seorang hamba yang merintih menengadah kepada Allah di malam hari, namun ketika siang muncul, dia pun melakukan  maksiat… Bagamana mungkin do’a seorang gadis ingin mendapatkan  seorang laki-laki sholeh terkabulkan, sedang dirinya sendiri belum sholehah… Bagaimana mugkin mungkin do’a seorang hamba yang mendambakan rumah tangga sakinah, sedang dirinya masih diliputi oleh keegoisan sebagai pemimpin rumah tangga… Bagaimana mungkin seorang ibu mendambakan anak-anak yang sholeh, sementara dirinya disibukkan bekerja di luar  rumah sehingga pendidikan anak terabaikan, dan kasih sayang tak dicurahkan… Bagaimana mungkin keinginan akan bangsa yang bermartabat dapat terwujud, sedangkan diri pribadi belum bisa menjadi contoh teladan… Banyak orang mengaku cinta pada Allah dan Allah hendak menguji cintanya itu. Namun sering orang gagal membuktikan cintanya pada sang Khaliq, karena disebabkan secuil musibah yang ditimpakan padanya…

            Kesenangan dan kesusahan adalah bentuk kasih sayang dan cinta Allah kepada hambanya yang beriman…Dengan kesusahan, Allah hendak memberikan tarbiyah terhadap ruhiyah kita, agar kita sadar bahwa kita sebagai makhluk adalah bersifat lemah, kita tidak bisa berbuat apa-apa kecuali atas izin-Nya. Saat ini tinggal bagi kita membuktikan, dan berjuang keras untuk memperlihatkan cinta kita pada Allah, agar kita terhindar dari cinta palsu. Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan hambanya yang betul-betul berkorban untuk Allah.

            Mudah-mudahan kita bukan termasuk orang yang memiliki cinta semu dan cinta  palsu (Aminn…)

Ya Allah, kami  ingin merasakan indahnya hidup dekat denganMu,
kami  ingin hari-hari yang tersisa ini menjadi hari-hari yang selalu akrab bersamaMu,
kami lelah jauh dariMu ya Allah ,
kami tidak ingin terpuruk dan terhina karena tenggelam dalam kemaksiatan.,
Berikanlah kami kemudahan, untuk mengenalMu Ya Allah,.
Berikanlah kami jalan untuk bisa mendekat kepadaMu Ya Allah,.
Jadikanlah  kami orang  yang  selalu  merasakan, kehangatan, kasih sayangMu Ya Allah.. (Amin..)”

 

“Sebagian bersumber dari  Arti cinta dalam  islam

 

 
27 Comments

Posted by on November 1, 2008 in Curhat, Love, Motivasi

 

Tags:

27 responses to “Cinta Semu…

  1. Prasetyo Muchlas

    November 2, 2008 at 12:41 pm

    Iya mbak, mencintai Alloh adalah konsekuensi (syarat) dari syahadat Laa Ilaha Illalloh, rukunnya kan al itsbat wan nafi’, makasih ya atas tulisannya..

     
  2. vaepink

    November 2, 2008 at 1:16 pm

    Sama-sama….
    Cinta Allah adalah cinta yang hakiki. Dia tak pernah sedetikpun meninggalkan kita…🙂

     
  3. l5155st™

    November 3, 2008 at 10:23 am

    Jangan menangis “ukhti”…

    belajar jadi muslimah yang baik, dan cari teman2 yang baik pula…

     
  4. vaepink

    November 3, 2008 at 12:08 pm

    …😦 … ,

    Iya …🙂 … , Makasih akhi…

     
  5. eelham182

    November 3, 2008 at 1:04 pm

    asslm
    salam kenal sblmnya. cinta yang paling atas, adalah cinta kpada allah,ya ukhti

    —-***—-

    V@e …
    Wa’alaikumsalam…
    Salam kenal juga yah dan makasih sudah mampir…🙂

     
  6. ardianzzz

    November 3, 2008 at 2:29 pm

    bener skali duakali..
    tak doain smoga kita semua bisa menjalani yang seperti itu.. amin…

    —- *** —-

    V@e…
    …🙂 … , Amin….

     
  7. mikekono

    November 3, 2008 at 3:32 pm

    betul ukhti
    cinta harta, jabatan, cinta kekasih
    adalah cinta yg tak akan dibawa mati
    hanya cinta hakiki pd Allah
    yang bisa menyelamatkan kita
    saat hidup setelah mati……..

    —- *** —-

    V@e…
    Iya bang….🙂 , jadi lebih baik kita mengejar cinta-Nya

     
  8. Kang Nur

    November 3, 2008 at 5:08 pm

    woaa.. cinta memang harus dibuktikan dengan pengorbanan…🙂
    salam kenal

     
  9. vaepink

    November 3, 2008 at 7:19 pm

    Iya…, karena semua perlu bukti…
    Salam kenal juga yah dan makasih sudah mampir ….🙂

     
  10. ghani arasyid

    November 3, 2008 at 8:25 pm

    kalo tentang cinta mah, saya agak ndak nyambun😦

    —- *** —-

    V@e…
    … 🙂 …

     
  11. bluethunderheart

    November 3, 2008 at 9:55 pm

    ini tulisanmu yg baru yg penuh makna,pembelajaran dan kamu memang hebat!
    selamat malam dan salam hangat selalu

     
  12. vaepink

    November 4, 2008 at 10:28 am

    Aku hanya mencoba menuangkan apa yang ku pahami wlopun hanya sedikit, sebagai pembelajaran dan bahan renungan….🙂

     
  13. ummurifqi

    November 4, 2008 at 1:19 pm

    Tulisan yang bagus….

    Setujuuu…. 🙂

    —- *** —-

    V@e…
    Makasih ummi…🙂

     
  14. gasgus

    November 4, 2008 at 2:32 pm

    Kita manusia saja akan sangat marah bila kekasih atau pasangan kita menduakan cinta kita. Karena apa? Tentu karena jalinan cinta kita itu dibangun atas fondasi-fondasi perjanjian.

    Begitu juga kita dengan Allah. Kita tidak sadar bahwa karena kecintaan kita yang berlebihan kepada orang tua, istri, anak, pacar, harta, pekerjaan, dan hal-hal duniawi lainnya, kita sebenarnya telah menduakan cinta kita kepada-Nya.

    Padahal kita sudah mengikat perjanjian cinta dengan Allah itu sejak DIA meniupkan ruh ke jasad kita sewaktu kita masih di alam ruh.

    Semoga postingan ini menjadi renungan kita bersama…

     
  15. vaepink

    November 4, 2008 at 8:04 pm

    Iya mas gus…😦

     
  16. ikrarestart

    November 5, 2008 at 9:13 am

    CINTA apabila semakin kita katakan akan timbul kemunafikan … cukup dirasakan baik mencintai dan dicintai adalah sampai pada perasaan saja. dan kemudian realitasnya pada kenyataan dan perbuatan
    begitupun cinta kita pada Allah SWT

    cinta tak butuh pengorbanan tapi membawa kepuasan

    terima kasih komentarnya dibales kilat nih
    maaf tapi agak sok tahu saya:mrgreen:

     
  17. vaepink

    November 5, 2008 at 12:39 pm

    Iya kamu bener cinta itu tidak bisa diungkapkan tapi cuma bisa dirasakan….😀

    Klo menurutku cinta itu butuh “pengorbanan” dengan melakukan sesuatu yang bisa membawa kepada kepuasan baik itu untuk orang yang dicintai maupun untuk orang yang mencintai….
    Namun “pengorbanan” seperti apa?? nah itu yang jadi permasalahnya… Kadang orang mendefinisikan “pengorbanan” itu dengan cara yang salah.., aku punya contoh beberapa “pengorbanan” sebagai acuan kita untuk melihat seperti apa “pengorbanan” sesungguhnya…..
    ini sebuah kisah nyata ada dua sejoli berlainan agama, yang hanya karena tidak mendapat restu orang tua rela mengakhiri hidupnya di atas rel kereta. Berkorban demi cinta katanya…, Ada gadis perawan yang rela menyerahkan kegadisannya kepada kekasih yang dicintainya, hanya karena alasan cinta katanya….. Itulah “pengorbanan” cinta yang salah arah dan haluan yang akhirnya kebablasan. Sebuah pengorbanan yang hanya mendatangkan penyesalan, tidak hanya di dunia tapi juga di hari kemudian.

    Pengorbanan yang hakiki yaitu kisah nabi Ibrahim alaihi salam yang terukir dalam al-Qur’an. Nabi Ibrahim alaihi salam paham benar apa itu cinta dan segala konsekuensinya, maka dia siap berkorban untuk sesuatu yang dicintainya karena memang cinta butuh pengorbanan. Namun tidak tanggung-tanggung, Nabi Ibrahim alaihi salam diminta untuk mengorbankan putra kesayangan satu-satunya, belahan hati yang bertahun-tahun ditunggu kehadirannya, tapi ia rela, karena memang yang memintanya adalah Tuhannya, Kekasihnya. Demikian halnya Abu Bakar al-Shiddiq yang rela tangan dan kakinya dipatok binatang-binatang berbisa, ketika berdua bersama Rasul di dalam gua, yang memang belum pernah terjamah tangan manusia. Dia tidak rela tubuh orang yang dicintainya dan dikasihinya tersentuh sedikitpun oleh binatang-binatang yang berbisa.

    Itulah cinta sejati, cinta hakiki, yang akan mendapat Ridha ilahi rabbi. Cinta dan pengorbanan yang akan mendapatkan kenikmatan abadi di dalam surga nanti. Bandingkan dengan cerita yang pertama, sebuah gambaran cinta yang tiada arti.

    Cinta memang butuh pengorbanan, tapi pengorbanan yang diridhai Allah. Wallahu’alam

     
  18. arwansp

    November 5, 2008 at 1:17 pm

    waduh lagi suka cinta cinta an tho…
    jadi ingat istri di rumah… lagi sakit pula dia…
    btw… memang cinta sejati hanya untuk ilahi robbi…

    —-***—-

    V@e…
    Mudah-mudahan istrinya cepat sembuh mas (amin)…🙂

     
  19. Dalila Sadida

    November 5, 2008 at 2:09 pm

    syukron mbak tulisannya🙂

    —- *** —-

    V@e…
    ya,…🙂 …

     
  20. kakanda

    November 5, 2008 at 6:02 pm

     
  21. d3n5

    November 6, 2008 at 4:04 am

    kalo ngomongin cinta panjang amat

     
  22. ikrarestart

    November 6, 2008 at 7:09 am

    @ vaepink
    terima kasih atas penjelasannya
    jadi inging jatuh cinta nih…!!! kayaknya enak😆

     
  23. qizinklaziva

    November 7, 2008 at 2:45 pm

    Setuju ah… cinta tertinggi hanya untukNYA

    —- *** —-

    V@e…
    …🙂 …

     
  24. eelham182

    November 8, 2008 at 10:37 pm

    boleh taruh blog ukhti di blogroll sy?

    —- *** —-

    Vae…
    Iya, silahkan🙂
    O.. ya URLnya elham ko enggak ada ??…

     
  25. eelham182

    November 9, 2008 at 5:41 pm

    url q eelham182.wordpress.com

     
  26. fantasyforever

    November 12, 2008 at 5:24 pm

    setuju nih.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: