RSS

Makna Cum Laude

28 Oct

Ada 3 kata kunci yang senantiasa dikenalkan oleh para orang tua maupun guru keanak-anak saat pertama kali masuk sekolah yaitu: membaca, berhitung, dan menulis. Itulah pelajaran kehidupan yang paling esensial. Modal hidup kini dan nanti.

Read by your Heart : IMAN

            Allah berkehendak memberi nikmat kepada manusia yang mampu membaca (iqra) dengan hati.

Calculate by your Head : ILMU

 Bedasarkan urutan mudahnya, operasi bilangan adalah + (tambah), –  (kurang), x (kali), : (bagi), dan √ (akar). Apakah pelajaran (insight) dari operasi ini??

Bila kita melakukan suatu  penambahan, lakukanlah yang benar. Jangan menambahkan sesuatu yang tidak benar. Bila dititipi pesan jangan menambah-nambahkan sehingga pesan tak lagi sesuai aslinya.

Bila kita harus mengurangi sesuatu, lakukanlah yang benar. Jangan mengurangi sesuatu yang tidak pada tempatnya. Katakanlah, seseorang dititipi harta warisan untuk seorang anak yang masih kecil dari orang tuanya yang telah meninggal. Janganlah kurangi hak anak yatim itu sedikitpun.

Bila kita harus melakukan perkalian , lakukanlah yang benar. Dalam transaksi bisnis, lakukan yang wajar sesuai kondisi pasar. Buat kesepakatan bisnis tanpa pemaksaan dan penipuan. Jangan  melakukan riba (pelipatgandaan) karena itu tak sesuai dengan kehendakNya.

Bila kita harus melakukan pembagian, lakukanlah yang benar. Semua tahu  bahwa sifat dasar operasi pembagian itu lebih sulit dari 3 operasi dasar  lainnya. 3:7 itu lebih sulit dari 3+7 atau 7-3 atau 3×7. Realitas  kehidupan pun demikian, orang lebih sulit untuk berbagi. Apalagi  memberi yang terbaik yang kita miliki tanpa pamrih. Orang-orang yang  memberi  tanpa pamrih, pasti akan merasakan kebahagiaan yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

            Bagai mana dengan operasi akar?? Sederhananya, ambilah sembarang angka bukan nol dan juga bukan negatif. Misalnya 100, lalu akarkan dan didapat angka 10. Kemudian akarkan kembali dan hasilnya terus diakarkan berulang-ulang. Fenomena apa yang ditemukan ?? tidak lain, akan ditemukan symbol angka 1 (ya angka SATU) J .  Inilah ujung pencarian manusia, mengenai esensi kehidupan. Mengenali jati-diri yang akan mengantarkan pada perkenalan pada Tuhan Yang 1 yaitu Allah.  Mengetahui akar persoalan kehidupan adalah esensial. Akar dari setiap persoalan, bila ditelusuri dengan benar, akan kembali kepadaNya. Sehingga kita yakini setiap pencarian yang dilakukan orang-orang positif akan berujung solusi. Kembali kejalan yang benar berjumpa denganNya. Sedangkan pencarian orang orang negatif tidak akan pernah berjumpa denganNya dan pasti bermasalah. Sebagai bukti ambilah kalkulator. Lalu, pilihlah sembarang angka negatif. Begitu diakarkan, ia langsung Error!!! “Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak menggunakan akalnya.” (QS 10:100). Dan “Allah meninggikan orang-orang yang berIman diantaramu dan orang-orang yang diberi Ilmu pengetahuan beberapa derajat, dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS 58:11).

Write by your hand: AMAL

Setiap manusia melakukan suatu perbuatan, kita yakini langsung dituliskan oleh para malaikat. “Ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk disebelah kanan dan yang lain duduk disebelah kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada didekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir” (QS 50:17-18). Sehingga logikanya, setiap kita berbuat sesuatu sebenarnya kita sedang menulis sesuatu. “Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan. Dan segala yang kecil maupun yang besar adalah tertulis” (QS 54:52-53). Akhirnya semua tulisan itu “… kepada Kamilah kembalimu, lalu kami kabarkan apa yang telah kamu kerjakan.” (QS 10:23). Oleh karena itu “… janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabannya.” (QS 17:36)

Makna Cum Laude : HUSNUL KHATIMAH

Dunia tempat kita hidup ini sesungguhnya adalah suatu learning-organization dan esensi kehidupan ini tidak lain adalah proses pendidikan dari Maha Guru Sejati, Al’Aliim (Yang Maha Mengetahui). Sesuai fungsi jati –diri, kita mesti terus berjuang meningkatkan nilai diri (ketaqwaan) dengan tiada henti. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pun mengajarkan: Hari ini mesti lebih baik dari kemaren. Hari esok harus lebih baik dari hari ini. Spirit belajar sepanjang hayat. Mulai dari kandungan hingga ke liang lahad, yang berujung  pada pengharapan prestasi puncak saat ujian  akhir, saat maut datang menjemput dalam keadaan yang disukaiNya, yaitu dapat nilai 100. Bila kita merujuk Al-Qur’an, ternyata pas dengan sambutan kemenangan:  Do’a mereka didalamnya (surga) ialah: “Subhanakallahumma” dan salam penghormatan mereka ialah “Salam”. Dan penutup do’a mereka ialah “Alhamdulilahi Rabbil ‘aalamin”. (QS 10:10). Subhanallah, AlhamduliLlah, Allahu Akbar. J

Terinspirasi dari “Spiritual Engineering – Nebula ESQ”

 
28 Comments

Posted by on October 28, 2008 in Info Menarik, Islami, Motivasi

 

Tags:

28 responses to “Makna Cum Laude

  1. ardianzzz

    October 28, 2008 at 10:10 pm

    hmm di UGM bisa cumlaude 2 tahun. dg IPK < 2.00 alias D.O haha

    —-***—-

    V@e…
    Makasih sudah mampir yah….🙂

     
  2. pakdejack

    October 29, 2008 at 5:18 am

    unbelieveble… analisis yang unik antara filsafat hidup dan berhitung….

    —-***—-

    V@e…
    Makasih sudah mampir….🙂

     
  3. achoey

    October 29, 2008 at 10:12 am

    Subhanallah
    Dik, ingatkan diriku akan itu ya !

     
  4. vaepink

    October 29, 2008 at 1:35 pm

    Kita sama- sama saling mengingatkan ya kang …🙂

     
  5. mikekono

    October 29, 2008 at 2:30 pm

    analisis yang brilian
    setuju, cum laude bermakna
    akhir yang baik ; happy ending
    di dunia dan akhirat……..

     
  6. vaepink

    October 30, 2008 at 9:44 am

    Ini adalah hasil dari menggabungkan kecerdasan spiritual, emosional dan intelektual…

    Aku suka baca Majalah Nebula ESQ….🙂

     
  7. Dalila Sadida

    October 30, 2008 at 9:45 am

    siiplah…

     
  8. vaepink

    October 30, 2008 at 9:54 am

    oc dech…🙂

     
  9. gasgus

    October 30, 2008 at 11:48 am

    Artikel yang sangat mencerahkan Vae…Semoga kita dapat mengejawantahkannya dalam kehidupan dan menjadi hamba-Nya yang meraih prestasi cum laude…Thanks

    —-***—-

    V@e…
    Amin…. , Makasih mas gus 🙂

     
  10. ummurifqi

    October 30, 2008 at 12:05 pm

    Sengtujuuuu… 🙂

     
  11. vaepink

    October 30, 2008 at 5:53 pm

    Iya…, Makasih ummi🙂

     
  12. Abeeayang™

    October 30, 2008 at 6:13 pm

    maunyah sih emang gituh….tapi….gak tauk, ding! 😛

    —-***—-

    V@e…
    Kita cuma bisa berusaha dan mencari…🙂

     
  13. Andri

    October 30, 2008 at 6:17 pm

    sweeett sweeett jadi iri ma kalian.. T.T

    saling mengingatkan uuuuhhhh.. romantis ya… hehehe..

     
  14. icalmahdi

    October 30, 2008 at 8:43 pm

    Iman..Ilmu..Amal..>>

    jgn lupa ikhlas..
    nggak nympek deh amalnya klo gak ikhlas..
    Tul gak??

     
  15. vaepink

    October 30, 2008 at 9:00 pm

    Iya…. , memang harus ikhlas karena kita hanya mencari keridhoan-Nya…

    Makasih buat tambahannya yah….🙂

     
  16. achoey

    October 31, 2008 at 10:41 am

    Dik, semangat!

    —- *** —-

    V@e…
    Semangat..!!!! 🙂

     
  17. bluethunderheart

    November 1, 2008 at 8:32 pm

    aku beri bintang terang penuh pujian untuk tulisanmu ini,kawan
    hebat!
    salam hangat selalu

    —-***—-

    V@e…
    Aku menemukan ini dalam pencarianku….
    Dan aku ingin Belajar berbagi, sebagai renungan kita bersama….🙂

     
  18. dimas

    November 1, 2008 at 11:37 pm

    wah.. pa kamar mbak?lama gak nge-blog nih.
    udah pernah ikut ESQ ya mbak?wah level tinggi nih..hehe
    pencarian arti hidup yang di ibaratkan akar 100 itu saya paling suka.. pencarian buat apa kita hidup..
    banyak pemuda yg gak bisa menemukan arti jati diri sebenarnyam, mereka kira dengan mengecat rambut mereka sudah menemukan jati diri, dengan memakai tindik dimana2 mereka sudah menemukan apa itu arti hidup.. itu karena mereka memilih angka yang salah..

     
  19. vaepink

    November 2, 2008 at 11:40 am

    AlhamdulilLah baik mas dimas…
    Duh yang lagi TA sibuk banget yah hehe…😀 , Gimana lancarkan TAnya?? mudah-mudahan lancar yah.. (amin…)

    Enggak kok.., aku masih belajar dan mencari🙂
    Mudah2an mereka semua segera menemukan angka positif sehingga pencarian mereka berhujung pada angka 1 (satu) yaitu Allah… (amin…)

     
  20. ghani arasyid

    November 3, 2008 at 8:15 pm

    Subhanallah…
    Saya insyaAllah TA semester depan, masih belum ada persiapan😦

     
  21. vaepink

    November 4, 2008 at 10:32 am

    Mudah-mudahan semuanya lancar yah… (amin…)
    dan harus semangat…..!!! 🙂

     
  22. iaksz

    November 11, 2008 at 10:31 pm

    kuadrat bukan termasuk operasi bilangan ya ?????

    semoga lulus dalam ujian hidup ini, dan mendapat predikat

    ‘Summa Cum Laude of Love for Alloh’, maybe.. Insha Allah ..😀

    aku juga lagi usaha untuk itu, tapi masih malas buanget…

    nunggu tua ajah ..🙂

     
  23. vaepink

    November 12, 2008 at 11:13 am

    Mudah-mudahan (amin…), kita hanya bisa berusaha dan berdo’a… 🙂

    Memang umur kita pasti nyampe sampe hari tua gitu yah??..
    emmm…., klo aku enggak tahu karena kemungkinan besar aku keburu dijemput oleh-Nya..😦

     
  24. fantasyforever

    November 27, 2008 at 10:15 pm

    Hmm nice post

     
  25. vaepink

    November 30, 2008 at 9:48 am

    …🙂 … , Makasih

     
  26. Mulz

    April 27, 2010 at 8:25 am

    wah mbak vae juga suka baca buku ESQ ya…
    sama mbak
    wah bagi2 bagi ilmunya ya…

     
  27. vaepink

    April 27, 2010 at 12:52 pm

    @ Mulz :
    InsyaAllah kapan2 kita sharing lagi yah…🙂
    semangat terus dengan kuliahnya….

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: