RSS

Kata – kata Ajaib

10 Nov

Apakah Kata-kata Ajaib itu…??

Pasti  kalian bingung maksudnya apa yah vaepink ini aneh-aneh aja hehe… :D ,  kata kata ajaib disini bukan…

BINSALA BIN”  or  Avada KedavraAvra Cadaver

melainkan kata…

MAAF” (sorry) & “TERIMA KASIH” (Thanks)

Yap dua kata ini memang ajaib,  kenapa bisa dibilang ajaib ?? …  :P ,

ya udah biar enggak penasaran aku jelasin…, kenapa bisa dibilang ajaib…

Ntah berapa banyak kata2  yang  telah keluar dan mungkin saja telah menyingung atau menyekiti perasaan saudara kita, teman ataupun mitra kerja kita…, jika kita kumpulkan dan jumlahkan semua kata-kata itu dalam seminggu saja.., bisa kita bayangkan  jika dalam  komunikasi  kita tidak ada  kata  maaf  ataupun  memberi  maaf… mungkin kehidupan ini akan sangat tidak nyaman sekali. Sebab, sesungguhnya tiada hari kita tidak berbuat salah, sengaja atau  tidak sengaja, dan menyinggung perasaan orang lain.

Jika kita mengucapkan kata maaf kita tidak akan menjadi “jatuh miskin”. Bahkan ego, gengsi, benci, iri-dengki  jika ditumpuk tidak akan membuat kita menjadi “jatuh kaya?” jadi buat apa  kita tumpuk semua itu??…

Begitupun dengan memaafkan…,  orang yang enggan memberi maaf,  jiwanya tidak akan pernah bisa tenang,  karena lama-kelamaan endapan  kesal,  kecewa, dan benci kepada seseorang akan terasa semakin berat dan menjadi beban pikiran serta perasaan. Orang yang bisa memaafkan dengan tulus berarti dia mampu  menerima kenyataan pahit, kemudian berusaha melupakan dan  membuka  lembaran baru. Namun ada kalanya memaafkan mesti disertai  hukuman dan kemarahan sebagai pendidikan bagi mereka yang berbuat salah.  Memaafkan ada untuk mereka yang lapang, berjiwa besar, dan memiliki rasa percaya diri serta menjalani hidup dengan ikhlas sehingga akan bisa memaafkan orang lain.

Pasangan dari maaf  adalah terima kasih. Kata ini juga memiliki kandungan makna yang amat mulia dan dalam. Jika kata maaf menyadarkan betapa kita sering membuat salah dan menyakiti orang lain, dalam kata terima kasih mengingatkan kita betapa banyak setiap harinya seseorang menerima kebaikan hati dan pertolongan orang lain. Kita tidak bisa hidup tanpa bantuan dan kebaikan hati orang lain.

Apa pun pemberian orang,  pasti akan dijawab dengan  ungkapan ”terima kasih”. Entah pemberian  itu berupa tenaga, materi, moral, dan bentuk apa pun lainnya, semuanya dijawab dengan kata terima kasih. Tanpa cinta kasih, perbuatan kita kehilangan makna padahal cinta kasih  itu  merupakan pancaran dari kasih Allah.

Bukankah setiap melakukan perbuatan yang baik, kita dianjurkan mengucapkan ”Bismillahirrahmanirrahim”?  ini dimaksudkan  agar kita bisa meneruskan sifat kasih-Nya sehingga kita bisa menyebarkan kasih sayang  itu dimanapun kita berada dimulai dari kehidupan keluarga, tempat kerja sampai kepada kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Namun sepertinya kehidupan kita sekarang sedang krisis nilai dan kewajiban, enggan untuk saling memaafkan dan saling berterima kasih secara tulus. Padahal berapapun berlimpah  kekayaan Indonesia jika kedua nilai itu tidak ada maka kita tidak akan merasakan perdamaian. Seperti halnya betapapun kaya, pintar, tampan ataupun cantik pasangan suami istri tapi klo masing-masing egois, enggan saling memaafkan dan berterima kasih, maka pertengkaran dan perceraian yang akan terjadi. Padahal jika kita bisa menerapkan ini dalam kehidupan sehari hari maka akan tercipta suasana yang damai, nyaman, dan kondusif untuk berprestasi. Karena kebencian dan perasaan tidak dihargai akan membuat suasana tidak produktif bahkan cenderung saling menjegal.

Akan lebih terasa kalau ekspresi maaf dan terima kasih diperkuat dengan tatapan mata simpati, senyum apresiasi, dan jabat tangan persahabatan, terjadilah pergeseran dari rasa ”ke-aku-an” menjadi ke ”ke-kami-an”dan ”ke-kita-an”. Energi semacam inilah yang mesti kita sebarkan di Indonesia saat ini. Kita bisa melihat bagaimana kondisi bangsa yang berjalan tertatih-tatih di tengah negara- negara lain yang berjalan melaju, kita  hanya akan  rugi  memelihara sikap saling membenci, memfitnah, dan menjatuhkan. Seperti misalnya saling menjatuhkan dalam persaingnya untuk merebut kursi kekuasaan, baik sebagai bupati,  gubernur, maupun presiden.

Itulah kenapa kata maaf dan terima kasih disebut sebagai kata-kata yang ajaib karena kata –kata tersebut mampu merubah suatu keadaan seperti yang tadinya tidak nyaman menjadi nyaman. Dan kata-kata ini begitu sulit untuk dikeluarkan atau diungkapkan hanya karena ego dan gengsi  masih terlalu besar padahal jika kata itu bisa dikeluarkan atau diucapkan  kata kata itu akan berdampak sangat besar pada kehidupan ini.

 … By forgiving one to another, we are all becoming more human…

*Sebagian bersumber dari Maaf dan Terimakasih, Harian Seputar Indonesia, Jumat 27 Juni 2008.

About these ads
 
54 Comments

Posted by on November 10, 2008 in Curhat, Motivasi

 

Tags:

54 responses to “Kata – kata Ajaib

  1. bayu200687

    November 10, 2008 at 8:30 am

    terimakasih atas pencerahannya..
    dan maafkan saya jika selama ini ada kata2 saya yg menyakiti hai ibu… :wink:

    —- *** —-

    V@e…
    Sama-sama… :) karena di dunia ini tidak ada yang sempurna, Kesempurnaan hanyalah Milik-Nya…

     
  2. mikekono

    November 10, 2008 at 3:19 pm

    setuju atas isi postingannya
    kita memang tak boleh
    gengsi minta maaf sekaligus memberi maaf
    asal jangan sll mohon maaf
    tapi kesalahan yg sama diulang lagi
    secara sengaja

    —-***—-

    V@e…
    Ya.., kata maaf itu harus diucapkan dengan tulus dari hati tanpa ada paksaan… sehingga akhirnya kita tahu apa yang harus kita perbaiki agar kesalahan itu tidak terulang kembali… :)

     
  3. sunnyDW

    November 10, 2008 at 6:07 pm

    salam kenal
    mampir dong ke gubugku
    http://212baca.wordpress.com/منيِّ-ليس-منك/
    makasih atas tanggapannya……………..

    —- *** —-

    V@e…
    Iya, Insya Allah secepatnya aku mampir kesana… :)
    Makasih yah sudah berkunjung kesini dan salam kenal juga… :D

     
  4. icalmahdi

    November 10, 2008 at 10:37 pm

    Wah.. Baru nyadar nih..
    Vae bisa bahasa Arab..??
    Yah setidaknya mengenal..??

    Apa jawaban kita, jika ada orang yang mengucapkan:

    “SYUKRON..!!”

    ??
    ????

    Yup.. Betul sekali.. Kita harus membalasnya dengan kata :

    “AFWAN..!!”

    >>>
    Subhanallah.. itu bahasa arab lho..
    dan bahasa Arab adalah bahasa Quran..
    Benar2 ajaib..!!

    —-***—-

    V@e…
    :) … , Syukron buat tambahannya yah

     
  5. Ummurifqi

    November 11, 2008 at 6:34 am

    Bagus lho infonya…

     
  6. vaepink

    November 11, 2008 at 10:04 am

    Makasih ummi… :)

     
  7. bluethunderheart

    November 11, 2008 at 2:43 pm

    maaf jika selama kamu membaca tulisanku selalu saja berwarna hitam dan biru haru…….halah dan terimakasih tuk selalu bertemanan denganku.
    salam hangat selalu

    —- *** —-

    V@e…
    .. :) .. , Makasih juga yah karena dah sering berkunjung kesini, dan maaf karena setiap kali kesini aku enggak bisa memberikan yang terbaik…, aku hanya bisa memberikan motivasi agar kita bisa menjadi lebih baik.., semoga ini bermanfaat :) (amin)

     
  8. ghani arasyid

    November 11, 2008 at 6:15 pm

    Subhanallah…
    Postingan yang cerah sekali mbak.
    Yang benar itu Avra Cadaver (Harry Potter Mode : ON) :mrgreen:

    Ya, dua kata itulah yang kadang sangat sulit diucapkan oleh seseorang.
    Padahal dua kata itulah yang bisa menyejukkan hati…
    Mungkinj saya sendiri juga tak pandai mengucapkan dua kata tersebut…

    —- *** —-

    V@e…
    :D …, salah yah ?? maaf …
    tapi makasih yah dah kasih tahu… :)

     
  9. achoey

    November 11, 2008 at 6:50 pm

    dan dua kata itu konon katanya tidak ada dalam “persahabatan”
    ah masa iya ya? :)

    —-***—-

    V@e…
    Kok bisa gitu ya kang…?? Apakah karena sudah “bersahabat” jadi sudah saling mengerti wlo tanpa diucapkan..??

     
  10. fantasyforever

    November 11, 2008 at 7:13 pm

    Terima kasih (^_^) Salam kenal.

    —-***—-

    V@e…
    Makasih yah sudah mampir dan salam kenal juga… :)

     
  11. iaksz

    November 11, 2008 at 10:20 pm

    Maaf … karena aku telah nyasar ke BloG mu ….

    Thank’s …. atas kunjungan mu ke BloG ku … :D :D :D :D

    baru bikin .. jangan digosipin ya :)

    —–***—–

    V@e…
    Makasih yah sudah mampir…. :)

     
  12. quantumeconomics

    November 12, 2008 at 8:59 am

    Artikel yang sangat menarik.
    MAAF …. MAAF….
    saya mengajak anda semua untuk berpikir positif….(Husnuzon)
    Kunjungi http://www.hibahbca.co.cc
    baca dan analisa dengan seksama, jangan ambil keputusan sebelum memahaminya dengan baik, dan jangan memberikan komentar sebelum Anda benar benar paham. Semoga program ini dapat dijadikan salah satu alternatif membangun kekuatan ekonomi umat.
    Think Positive !!!!
    MAAF JIKA KURANG BERKENAN

    —- *** —-

    V@e …
    Makasih :) , Insya Allah nanti berkunjung kesana…

     
  13. mikekono

    November 12, 2008 at 3:29 pm

    MAAF ya adinda….
    cuma sekadar singgah saja
    tak ada bawa oleh-oleh…..
    permisi……….

     
  14. vaepink

    November 12, 2008 at 6:45 pm

    Enggak apa2 kok, udah berkunjung kesini aja aku dah makasih banget … :)

     
  15. eelham182

    November 12, 2008 at 9:09 pm

    ntar q mulai biasa in ucapin maaf dan terima kasih.hehe
    tapi ada kata ajaib buatq yaitu”ayo q traktir makan”:p

     
  16. vaepink

    November 12, 2008 at 9:27 pm

    Ayo boleh boleh… :) , mau traktir dimana?? :P

     
  17. rismaka

    November 13, 2008 at 8:17 am

    Saya maafkan semuanya… :D

    —- *** —-

    V@e…
    Makasih… :)

     
  18. rismaka

    November 13, 2008 at 8:33 am

    Datang lagi…. :mrgreen:

    Terima kasih semuanya…

    —- *** —-

    V@e…
    Terima kasih kembali…. :)

     
  19. z03r4

    November 13, 2008 at 9:48 am

    hahaha, bisa aja…
    emang sich, kata terima kasih n maaf buat sebagian orang terasa susah diucapin. Apalagi maaf…

    btw, thanks bwt artikelnya.. :)

    Just visiting your blog in the morning.. ;)
    Visit balik yach.. thanks tha tha

     
  20. vaepink

    November 13, 2008 at 11:50 am

    Iya… :) ….

     
  21. nh18

    November 13, 2008 at 3:56 pm

    Vae …
    Maaf nih aku sudah lama tidak bertandang kesini …
    Terima kasih …

    (yess dua-duanya aku pakai untuk komen …)
    hehehe

    —- *** —-

    V@e…
    Iya pak sama-sama… :D

     
  22. eelham182

    November 13, 2008 at 9:52 pm

    lho maksudnya ada temenq yang traktir gt.:p

     
  23. vaepink

    November 14, 2008 at 7:40 am

    Iiiihhh…., kirain kamu yang mau traktir hehe… :P

     
  24. Rindu

    November 14, 2008 at 11:27 am

    kedua kata ini sudah jadi kata kunci untuk para inspirator yah … kemarin dengar juga di radio.

     
  25. vaepink

    November 14, 2008 at 11:50 am

    :) … , Makasih yah sudah mampir

     
  26. kakanda

    November 14, 2008 at 3:13 pm

    maafkan daQ,
    terimakasih dah diingatkan

     
  27. vaepink

    November 14, 2008 at 4:37 pm

    Sama-sama… :D

    Kita saling mengingatkan dalam hal kebaikan, aku hanya mencoba untuk belajar berbagi… :)

     
  28. wawan

    November 14, 2008 at 8:32 pm

    syukron dah diingatkan.

     
  29. vaepink

    November 14, 2008 at 9:16 pm

    Afwan… :)

    O.. ya, syukron udah mampir kesini

    @ Wawan
    “URLnya enggak bisa dibuka… :(

     
  30. dobleh yang malang

    November 15, 2008 at 12:35 pm

    kapan ya kamu mau memberikan waktumu tuk menulis? semoga sehat selalu dan semangat okey!
    salam hangat selalu

    —-***—-

    V@e…
    :) … , Makasih…

     
  31. mohammad yusuf

    November 15, 2008 at 6:46 pm

    orang yang baik adalah yang cepat meminta maaf kalau berbuat kesalahan, dan berterima kasih jika mendapat kebaikan…maka dari itu…
    maaf ya baru bisa komentar, dan terima kasih telah mengunjungi blog sayah :mrgreen:

    —-***—-

    V@e…
    Iya sama sama… :)

     
  32. Iwan Rystiono

    November 15, 2008 at 7:05 pm

    Yups, maaf adalah kata-kata ajaib…

    Setuju lah aku itu…

     
  33. vaepink

    November 15, 2008 at 8:32 pm

    Ocre deh bozzz… :P , Makasih

     
  34. Prasetyo Muchlas

    November 15, 2008 at 8:54 pm

    syukron katsiron, kalo kita meruju’ ke kebiasaan orang arab ketika ada seseorang yang mengucapkan sesuatu untuk kebaikan saudaranya sesama muslim, misal taqobalallohu minna wa minkum dijawab wa iyya kum..

    atau ketika mengucapkan salam Assalamu’alaikum.. maka di balas dengan yang lebih baik dari itu.. Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh, subhanalloh Islam telah mengajarkannya sebelum kita menyadarinya..

    —-***—-

    V@e…
    Iya…, Allah sudah menciptakan semuanya dengan sempurna… :)

     
  35. d3n5

    November 16, 2008 at 5:45 am

    yah saya juga minta maaf dong neng, baru bisa mampir

     
  36. vaepink

    November 16, 2008 at 2:13 pm

    Iya kang sama sama…, gimana dengan Valusnya hehe… :P

     
  37. Fikri Faris

    November 17, 2008 at 12:57 pm

    simple words, hard to say for most people…

    —-***—-

    V@e…
    :)

     
  38. dimas

    November 18, 2008 at 1:30 pm

    coba bayangkan jika manusia indonesia bisa memaafkan dan pandai berterima kasih..
    tidak ada tawuran pelajar, tawuran mahasiswa yang katanya kaum intelektual, kerusuhan..
    wow.. kekuatan kata itu bener2 ajaib..

     
  39. vaepink

    November 18, 2008 at 3:05 pm

    Iya… :)

    Jika semua itu bisa dijalankan, InsyaAllah Indonesia akan lebih baik dari sekarang… :)

     
  40. gasgus

    November 18, 2008 at 3:45 pm

    Artikel yang sangat mencerahkan. Betapa semua tempat di dunia ini akan terasa sangat indah dan menyenangkan kalau dua kata ini bisa diamalkan setiap orang.

     
  41. vaepink

    November 18, 2008 at 8:05 pm

    :) … , sayangnya banyak diantara kita yang masih enggan untuk mengucapkan 2 kata itu dengan berbagai alasan… :(

     
  42. Juliet

    November 18, 2008 at 9:25 pm

    Nice postingan ny…

    Dan memang… beberapa orang sering mengabaikan makna dalam 2 kata tersebut sehingga berat untuk terucap..
    Tapi gak jarang juga menemui orang yg rajin mengucap tanpa mengerti makna ny…
    Iya gak????

     
  43. vaepink

    November 19, 2008 at 12:02 pm

    @ Juliet….

    Kok URLnya enggak da yah??…

     
  44. Juliet

    November 19, 2008 at 1:53 pm

    Hihihi… blm ready mb.. khan ndak required toh pas mau post comment… ;))
    Tapi boleh tetep gabung khan di Vaepink’s…

     
  45. vaepink

    November 19, 2008 at 2:01 pm

    Pasti boleh dong yang penting “Just Smile” hehe… :P

    Kirain lupa enggak dimasukin…, siapapun boleh kok gabung di Vaepink… kan emang aku ingin belajar berbagi.. :)

    Kunjungi aku terus yah…, jangan sampe bosan :D ,makasih…

     
  46. Juliet

    November 19, 2008 at 2:16 pm

    Sip mb… kembali kasih, hehe..
    status ym ny on tp kok aq sapa diem aja mb…. gi busy y…
    have a nice day d klo gitu y….

     
  47. dobleh yang malang

    November 19, 2008 at 6:03 pm

    selamat malam jeung.trims udah ngizinin aku tuk mengikutkan judul postingmu yang ini ( KATA KATA AJAIB) di karya terbaruku. jangan marah ya,jeung?
    salam hangat selalu

     
  48. vaepink

    November 20, 2008 at 11:59 am

    :) … , Makasih ya dah muat judul postinganku

     
  49. Peliknyer

    May 8, 2012 at 6:45 pm

    A motivating discussion is worth comment. There’s no doubt that that you should write more on this subject matter, it may not be a taboo matter but typically folks don’t talk about such issues. To the next! All the best!!

     
  50. chartmusik

    December 13, 2012 at 6:35 pm

    wah kata2 nya inspiratif :D salam kenal

     
  51. vaepink

    December 19, 2012 at 12:07 pm

    @Ayu mustika, @chartmusik : Makasih yah sudah mampir ke blog saya… :)

     
  52. info product killer review

    April 10, 2013 at 10:57 am

    Thanks for helping out, wonderful information. “Courage comes and goes. Hold on for the next supply.” by Vicki Baum.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 543 other followers

%d bloggers like this: